Laporkan Penyalahgunaan

Kue Getas


Aku buat kue ini udah beberapa waktu lalu..cuma lupa terus mau posting di blog..padahal kue ini kue favorit ku dan suami..enak banget. Kue getas adalah kue dari Jawa Tengah yang di buat dari tepung ketan dan kelapa..di goreng terus di balut / di besta pakai gula pasir. Ada yang bilang kue ini kue gemblong ya..kalau di Jakarta dan sekitarnya..tapi ada yang bilang juga beda..karena kue gemblong itu dari ketan kukus yang di tumbuk terus di goreng dan di besta gula juga, tapi pakai gula  merah. Jadi..aku pakai nama kue getas aja..karena nama ini lah yang melekat di ingatan ku..karena ibuku juga sering buat dulu dan juga di pasar2 tradisional di Jawa Tengah di sebutnya kue getas. Rasanya enak sekali..legit..gurih dan manis. Kalau beli di pasar tuch kadang alot dan terlalu manis kue getasnya..nah kalau bikin sendiri..bisa pas..rasanya sesuai selera...manisnya juga pas..makan banyak pun tidak akan bosan..heran juga ya..kadang penjual jajan pasar di pasar tradisonal tuch sekarang kurang otentik rasanya, nggak kayak jaman dulu masih kecil. Jadi..biar puas dan lebih bersih..ayo bikin sendiri jajan pasar kue getas ini..di jamin..enakkk..dan bikinnya juga gampang banget ^_^......

Kue Getas 

Bahan-bahan :
125 gram tepung ketan putih
50 gram tepung beras
150 gram kelapa parut kasar
3/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
minyak untuk menggoreng

Bahan Besta:
75 gram gula pasir
35 ml air
1/2 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung ketan putih, tepung beras, kelapa parut, dan garam. Tuang santan sedikit – sedikit. Aduk rata. Bentuk bulat pipih.
  2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  3. Besta: rebus gula pasir, garam dan air  sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue. Aduk rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering.
Tips agar besta warnanya bisa putih..buat bestanya pakai api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut..baru masukkan getasnya..aduk2 dan matikan api..nanti gula akan mengkristal dengan sendirinya.
Buat ukuran getasnya jangan terlalu besar ya, supaya cepat matang sampai ke dalam2 juga, kalau terlalu besar dan kelamaan di goreng, hati2 getasnya bisa mbledos..hihi.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts