Laporkan Penyalahgunaan

Sambel Tumpang Plus Krecek


Sambal Tumpang ini menu favoritku. Sambel ndeso sich..hihi..sambel ajaib..karena terbuat dari tempe yang sudah semangit. Bener2 dech kita harus bersyukur punya kuliner khas Indonesia yaitu tempe. Tempe yang masih segar tentu saja enak banget di masak apa saja. Tapi..tempe yang sudah * setengah busuk * a.k.a semangit pun tetep enak di olah jadi berbagai masakan. Aroma dan rasanya yang khas justru membuat masakan semakin nikmat..buat yang suka lho..hihi..kayak aku. Tempe semangit ini bisa di buat campuran aneka oseng sayur..di buat sambal kelapa..dan yang spesial bisa di masak sambel tumpang ini..karena komponen utamanya ya si tempe semangit ini..rasanya..enak banget lah...pedas..gurih..sedikit manis dan aroma tempe semangit membuatnya sangat sedap. Bisa di makan dengan nasi gitu aja..atau di buat bumbu siram aneka sayuran rebus seperti bayam..kacang panjang, kenikir dll..Biar lebih enak bisa juga di tambahkan tetelan sapi, krecek ataupun tahu yang berkulit...pas masaknya. Buat yang suka masakan Jawa..yukk cobain sambel unik ini..^^

Bahan :
300 gram  tempe semangit ( tempe yang sudah terlalu matang fermentasinya, sudah mengeluarkan aroma khas, tapi belum menghitam )
50 gram krecek / rambak sapi yang khusus untuk masakan
800 ml santan
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
1 cm lengkuas

1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi ( hilangkan jika tidak suka , ganti garam semua )
gula merah secukupnya

Bumbu :
6 siung bawang merah
4 butir bawang putih
5 buah cabai merah
10 buah cabai rawit merah
3 btr kemiri
2 cm kencur
Cara Membuat :
Didihkan air sekitar 1 L.
Masukkan  tempe semangit, krecek , bawang merah, bawang putih, dan cabai . Rebus sampai matang.
Bumbu yang telah direbus, kencur, kemiri dan terasi dihaluskan. Tumis sebentar hingga harum. Sisihkan.
Tumbuk  kasar tempe rebus , tidak perlu terlalu halus.
Taruh dalam panci: tempe halus, bumbu halus, tuangi santan, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas,  dan garam, gula . Masak sampai bumbu meresap.

Sajikan dengan nasi hangat atau aneka sayuran rebus.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts