Laporkan Penyalahgunaan

Bolu Kukus Zebra


Buat bolu kukus ini udah kemaren2 sich..cuma baru sempat posting di sini..^^
Bolu kukus..gampang2 susah ya buatnya..ayo siapa  yang pernah kena *kutukan* bolu kukus..hihi..kutukan bolu kukusnya gak mau mekar maksudnya..alias mingkem semua..^^. Aku juga pernah..entah udah berapa resep bolu kukus yang udah ku coba..kadang mekar kadang mingkem. Ada yang udah mekar..tapi rasanya gak cocok..ada yang rasanya cocok..tapi gak pernah mau mekar di coba berkali2. Akhirnya...pencarian resep bolu kukus yang bisa mekar dan ketawa ngakak..berakhir sudah....yaitu pakai resep Ny Liem. Resep aslinya sich dari bolu kukus rasa brownies yang udah pernah ku posting di sini ternyata resepnya oke banget lho..ku variasikan rasa lain pun tetep bisa mekrok dengan mudahnya. Hasilnya juga lembut..enak dan tidak terlalu manis. Next time mau coba ku ganti dengan gula merah..pengen tau hasilnya mekrok juga gak ya..

Jempol  dech buat Ny Liem..resep2 oke2. Bolu kukus ini memang tehnik pembuatannya unik..beda sama bolu kukus yang lain..tapi menurutku malah lebih gampang kok...tapi hasilnya liat aja sendiri..bisa ketawa ngakak..saking mekroknya..padahal ngukusnya cuma 16 menit lho..praktis kan..ayukk di coba..kali ini aku variasikan rasa dan bentuknya jadi bolu kukus zebra..yukk..gak usah trauma dan takut lagi kena kutukan bolu kukus teman2..cobain resep ini....

Bahan:
A.
200 gr gula tepung
100 gr telur
160 cc air
1/2 sdt vanilla

B.
200 gr tepung terigu cap segitiga biru
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

C.
10 gr cake emulsifier ( Sp) ( 1/2 sendok makan kira2 ya..)

D.
pasta coklat secukupnya

Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A  dengan kecepatan tinggi hingga kental
  2. Masukkan bahan B, kocok selamat 1 menit, kecepatan mixer rendah.
  3. Masukkan bahan C, kocok lagi dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental.
  4. Bagi jadi dua adonan. Satu adonan tambahkan bahan D, aduk hingga rata. Satu adonan biarkan putih.
  5. Siapkan cetakan bol kus , alasi dengan cup kertas. Masukan dua adonan ke kantong plastik segitiga, lalu semprotkan bergantian di tengah cetakan.
  6. Kukus selama kurang lebih 16 menit dengan api besar. 


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts