Laporkan Penyalahgunaan

Sup Tom Yam


Sup khas..Thailand ini..salah satu favorit suami ku..suak minta di buatkan sendiri di rumah..karena..kalau makan di restoran..sup ini terlalu pedas untuknya..hihi..jadi kalau bikin sdr kan pakai cabenya dikit aja..tapi untukku aku tidak terlalu suka sama sup ini..walaupun dari jaman dulu di Yogya udah sering makan..tapi gak tau kenapa ya..gak sesuai aja sama seleraku..kalau boleh milih..aku lebih suka sup buntut atau pindang bandeng aja dech..hihi. Iya lho..kayak pindang bandeng tuch..sebenernya juga tak kalah enak dan seger dari sup tom yam ini lho..tapi kok nggal bisa mendunia kayak sup ini ya..^^. Alah kok jadi bahas gak penting gitu ya..hihi. Tapi buat yang suka..sup ini seger kok..dan sehat tentunya..resep yang ini ku coba dari Chef Budi Soetomo, katanya sich..resep ini asli otentik...di dapat dari Chef di salah satu restoran di Thailand sana..^^..met coba ya..

Kaldu :
1800 kaldu udang/ayam/air
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap ikan/nampla sauce
1 cm lengkuas, memarkan
2 sdt sdm minyak cabai
1/2 sdt garam halus
3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik
1 siung bawang putih, memarkan


Bahan Isi:

300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
100 gr jamur merang
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
5 lembar daun ketumbar, iris halus
2 lembar daun jeruk, iris halus
5 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :
1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih. angkat, saring. 2. Panaskan kembali kaldu, masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis dan daun ketumbar. angkat. sajikkan panas.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts