Laporkan Penyalahgunaan

Pisang Bolen Bandung




Kemaren dapat kiriman pisang raja yang ranum dan masak pohon dari mertua..langsung dech kepikiran buat pisang bolen Bandung ini..soalnya enak banget kalau pisang raja2 nya bener matang dan manis rasanya. Biar tambah sipp..sengaja ku biarkan sampai beberapa hari dan bener over ripe pisangnya..jadi aromanya ..mantab..^^
Resep pisang bolen ini yang paling cocok di lidahku..dari tabloid koki ..hasilnya empuk..lembut dan gak kalah sama pisang bolen dari Bandung yang terkenal itu..enak ini malah..soalnya isinya istimewa..satu pisang cuma ku belah jadi dua, di tambah keju dan meises coklat ..yummy dech..mau coba....silahkan....gampang kok buatnya..cuma harus telaten aja melapis dan melipat adonan pakai korsvet, biar hasilnya ok..bisa berlapis2..tapi rasanya nggak kayak puff pastry biasa..tetap terasa rasa kulit pisang bolen gitu..ini resepnya ya :

Pisang Bolen Bandung

Bahan Kulit :
Tepung terigu protein tinggi / sedang 250 gram
Susu bubuk 1 sendok makan
Gula pasir 50 gram
50 gram mentega asin ( atau bisa juga di campur margarine )
Backing powder ½ sendok teh
Air  100 ml es
Kuning  telur 2 butir
Korsvet ( pastry margarine ) 75  gram, pilih yang bagus ya..supaya tidak ngendal di mulut hasilnya..
Olesan , aduk rata :
Kuning telur 1 butir
Susu cair 2 sendok makan
Isi :
Pisang raja 8 buah, potong jadi dua bagian ( pisangnya harus pisang raja yang benar2  tua dan matang ya..supaya tidak sepet rasanya..^^ )
Gula pasir 100 gram
air 100 ml
Keju dan coklat meises sesuai selera
Cara Membuat :
Isi : rebus pisang, gula dan air, hingga pisang matang ( tidak perlu sampai lembek..sebentar saja ), angkat dan tiriskan pisangnya.
Kulit :
Campur semua bahan kulit kecuali korsvet, uleni hingga kalis. Bulatkan adonan, simpan di kulkas selama 15 menit.
Pipihkan adonan persegi  panjang, olesi dengan sepertiga bagian korsvet, ratakan, lipat sisi kiri dan kanan kearah tengah, lalu lipat sekali lagi. Diamkan di kulkas 15 menit. Lakukan pengolesan dan lipatan yang sama hingga 3 kali sampai korsvet habis. Diamkan di kulkas 30 menit. Jika tidak sabar menunggu bolak balik di kulkas..pengolesan dan pelipatan bisa di lakukan sekalian 3 kali. Baru simpan di kulkas 30 menit..( jurus sesatku..hehe)
Tipiskan adonan setebal 3 mm, potong2. Ambil potongan adonan kulit, isi dengan satu potong pisang, tekan/ belah pisang..isi keju dan meises di tengahnya, lalu lipat persegi adonan kulit. Olesi dengan bahan olesan, lakukan hingga adonan habis, susun di loyang, lalu panggang  di oven 180 C selama 20-30 menit tergantung oven masing masing ya..^^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts