Laporkan Penyalahgunaan

Pia basah..a.k.a roti pia isi kacang hijau




Sebelumnya mau jelasin dulu ahhh..pia itu ada bermacam macam lho..ada pia kering..yang rasanya renyah banget..ngeprul kulitnya jika di makan, kayak pia2 yang di jual kemasan gitu yang isi aneka rasa seperti coklat ,keju, dll. Ada lagi semi basah , bakpia..yang khas Yogya seperti bakpia pathuk dll, nah yang terakhir pia basah yaitu pia   yang seperti ku buat ini..jadi jangan sampai keliru ya. Tapi kalau mau coba bakpia ala bakpia pathuk di Yogya..udah pernah juga aku buat..tapi isinya ku ganti telo..bukan kumbu kacang hijau..liat di sini ya
Pia basah..dulu jaman kecil sering makan ,oleh oleh Ibu dari pasar, berarti masuk kategori jajan pasar juga ya. Ini seperti bakpia bentuknya, rasanya tapi beda...cuma karena isiannya sama sama kumbu kacang hijau..ya ada mirip miripnya juga..nah lho..bingung kan..hehe..aku juga bingung..tapi apapun itu..yang penting..enak lho..rasanya kayak roti manis..tapi rada liat karena bikinnya tidak pake telur..tapi enak dan lembut juga rotinya..aku sering beli di tukang sayur ya suka bawa jajan pasar..tapi rasanya lebih enak kalau bisa bikin sendiri donk.dan.....tadi langsung praktek..dan berhasil..adonannya ok banget..biarpun gak pake telur tapi bisa halus..ngembang bagus dan enak di bentuk2..cuma..pas mau manggang listrik mati..mau nunggu takut over proofing..jadinya..ku panggang aja pake cetakan cara bikang..eh jadi juga lho..walaupun ngembangnya gak banyak kayak kalau di oven..tapi rasa sich udah ok..otentik pia basah jaman dulu. Yes..resep ini layak di simpan di blog ini..biar gak hilang..^^..sekarang belum maksimal..krn gak di oven..next time coba lagi dech.

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
2 sendokmakan gula pasir
35 gr margarin
125 ml air hangat
1/2 sendok makan ragi instan
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Aduk semua bahan kecuali mentega dan garam, masukkan mentega dan garam uleni hingga kalis elastis.
diamkan 45menit, kempiskan adonan.B
Bagi adonan @ 30gr, bulatkan, diamkan lagi selama 30 menit
Tipiskan, masukkan isi kumbu kacang hijau, bentuk bulat pipih.
Panggang kurleb 10 menit ( panas..tergantung oven masing2..kalau punyaku 170 C )
Balik dan panggang lagi 5 menit ( waktu juga di seuaikan oven masing 2 ya..)

Setelah uji coba lagi yang kedua..voila..
berhasil dengan sukses..hasilnya lembut dan  cantik..karena di oven..ini dia hasilnya  :

Bandingkan dengan ini..yang pakai cetakan cara bikang manggangnya..hihi..beda kan..


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts