Laporkan Penyalahgunaan

Bikin Lumpia semarang yukks...


Membuat lumpia Semarang, tidak sulit lho..mari kita buat sendiri, selain lebih enak , tentunya lebih murah juga. Di Semarang lumpia yang terkenal, dulu sewaktu belum tinggal di Semarang....paling suka kalau di oleh2 in lumpia ini dari relasi kerja..sekarang begitu tinggal di Semarang..walaupun belinya deket....tapi kok sayang karena harganya , untuk lumpia yang enak dan terkenal cukup menguras kantong 10 ribu perbiji, padahal jika mau buat sendiri rasanya pun yang sama saja kok dengan beli , lebih enak malah..bumbu bisa sesuai selera.  
Jadi....buat yang suka lumpia Semarang dan tinggal di luar Semarang.....nggak perlu jauh2 ke Semarang, kalau mau menikmatinya. Kalau tidak ada rebung segar bisa beli rebung kaleng yang ada di supermarket. Kalau di Semarang sich banyak sekali rebung yang sudah di rebus dan di iris iris, siap untuk di masak isi lumpia, namanya juga kota lumpia..^^. Kalau rebungnya mentah..di rebus dulu ya sampai empuk. Selamat mencoba :

NOTE: Resep kulit lumpia ini adalah yang asli..bukan yang model di dadar di teflon..tapi cuma di oles..jadi adonannya memang kental sekali...jadi Sy sarankan pakai kulit  lumpia siap pakai yang bisa di beli di supermarket. Jadi untuk sementara resep kulit Sy hapus dulu yach...drpd byk yang coba tapi bingung caranya...karena  memang agak tricky buatnya..nanti kalau Sy sempat buat Sy foto step by step dulu baru Sy update lagi resep kulit lumpianya. 

Lumpia Semarang:
kulit lumpia secukupnya
rebung 500 gram,rebus, potong korek api
daging ayam 200 gram,rebus, potong dadu kecil
udang 100 gram
daun bawang 2 btg
bawang merah 8 butir,cincang,
bawang putih 6 siung,cincang
kecap manis 4 sendok makan
merica bubuk 1 sdk teh
garam dan gula pasir sesuai selera
air 200 ml,

Cara membuat :

Tumis bawang merah & putih sampai harum, masukkan daun bawang dan ebi atau udang, tambahkan ayam, rebung dan bumbu lain serta air, masak sampai matang dan air habis...
angkat..dinginkan...

isi kulit lumpia dengan bahan isi, lekatkan dgn putih telur..goreng sampai kuning kecoklatan...garing..cress..tinggal makan pake cabe dech...




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts